Detil Berita
Posted On : 18-06-2013

Pawai Taa??aruf Awali MTQ Jatim di Surabaya

Humas - Acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Timur ke-XXV yang digelar di Kota Surabaya, dimulai dengan Pawai Ta’aruf yang dimeriahkan oleh berbagai kreasi kesenian dan mobil hias dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur selaku peserta MTQ, Selasa (18/6). Acara tahunan ini akan digelar di Surabaya hingga 25 Juni 2013 mendatang.

Walikota Surabaya, Ir Tri Rismaharini MT selaku tuan rumah, dalam sambutannya saat pemberangkatan Pawai Ta’ruf di area Stadion Gelora 10 November, Tambaksari mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta MTQ yang berasal dari 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Menurut Walikota Risma, acara MTQ ini memiliki makna penting untuk menjalin silaturrahmi antar warga dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Timur.

“Melalui MTQ ini kita harapkan bisa terjalin tali silaturrahmi dan rasa kebersamaan, bukan hanya bagi antar pejabat pemerintah kabupaten/kota di Jawa Timur tetapi juga antar warga di Jawa Timur. Mudah-mudahan, dengan acara MTQ ini menjadikan kita benar-benar bertaqwa kepada Allah Swt,” tegas Walikota Risma.

Hadir dalam pembukaan Pawai Ta’aruf tersebut, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Rasiyo yang mewakili Gubernur Soekarwo dan Wakil Gubernur Saifullah Yusuf yang berhalangan hadir. Forpimda Provinsi Jatim dan Forpimda Kota Surabaya. Serta, Asisten IV Sekkota Surabaya, Eko Hariyanto selaku ketua pelaksana acara.

Dalam sambutannya, Rasiyo menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh peserta dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Menurutnya, acara MTQ  Jawa Timur ke-XXV ini menjadi sarana tepat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt. Apalagi, bulan depan, warga Jawa Timur sudah akan menjalankan ibadah puasa Ramadan.

“Melalui acara MTQ ini, semoga bisa mendorong warga untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Semoga apa yang kita lakukan ini, mendapat ridho dari Allah Swt,” ujar Rasiyo.

Rasiyo juga berharap, nantinya, output dari pelaksanaan MTQ Jawa Timur ini, akan membawa nama Jatim bisa meraih prestasi membanggakan di MTQ tingkat nasional. Menurutnya, dalam gelaran MTQ tingkat nasional selama ini, Jatim kurang bisa mencatat prestasi menggembirakan.

“Padahal, Jatim adalah provinsi yang memiliki Pondok Pesantren terbanyak. Karena itu,  Jawa Timur harus menduduki rangking I MTQ tingkat nasional. Bagaimana caranya, kita harus bisa rangking I. Itu pesan dari Pak Gubernur,” sambung Rasiyo.

Pawai Ta’ruf mengambil start di kawasan Stadion Gelora 10 November, Ambengan, Jalan Jaksa Agung Soeprapto dan finish di Taman Surya.  Berbagai kreasi seni dan mobil hias ditampilkan oleh perwakilan kabupaten/kota se-Jatim. Kota Surabaya yang berada di barisan terdepan, menampilkan mobil hias dengan arsitektur masjid.

Kemudian berturut-turut Mojokerto, Kota Batu, Pacitan, Ngawi dan Kabupaten Blitar yang menampilkan kesenian terbangan serta mobil hias dengan desain Al-Qur’an raksasa. Peserta dari Kabupaten Banyuwangi yang menampilkan mobil hias dengan desain kapal rakasasa yang menceritakans ejarah masuknya islam di Banyuwangi, mendapat aplaus meriah dari warga yang menyaksikan pawai di sepanjang rute.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, kegiatan ini menjadi satu dari sekian event yang digelar di Kota Surabaya. Selama tahun 2013, Kota Surabaya sudah menggelar sejumlah event di event di tingkat regional, nasional maupun internasional. Dia berharap, banyaknya event yang digelar di Surabaya, bisa berdampak positif bagi industry pariwisata di Kota Surabaya.

“Dari sektor industry pariwisata, kita harapkan punya dampak yang luar biasa misalnya bagi restoran dan hotel di Kota Surabaya. Serta, pemberdayaan masyarakat dan UKM di Surabaya,” ujar Wiwiek.(had)


Kembali
GAPURA FLIPPING BOOK >>>
AGENDA >>>
Calendar of Events
INFO MASYARAKAT >>>
WEB STATISTIK >>>
Untitled Document
Online : Untitled Document 8
Total Hits : Untitled Document 26874 Hits
Hari Ini : 880
Kemarin : 2080
Bulan Ini : 31609
Tahun Ini : 220121
Total : 1826735