Detil Berita
Posted On : 15-08-2011

Upacara Pengukuhan Paskibraka

Humas – Sebanyak 100 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) dari 50 Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Surabaya, Senin (15/8) di Graha Sawunggaling, dilangsungkannya Upacara Pengukuhan Anggota Paskibraka oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini yang juga bertindak sebagai Inspektur upacara.

    Upacara Pengukuhan anggota Paskibraka ialah suatu proses yang berkelanjutan mulai dari mengikuti seleksi yang ketat dan pelatihan yang cukup berat sampai pada akhirnya mereka disahkan dan menyandang predikat tertentu dalam Paskibraka. Pengukuhan juga bisa dikatakan sebagai proses penanaman rasa dan kebanggaan pada diri sendiri dalam pelaksanaan tugas pengibaran bendera. Seperti yang telah Walikota katakan dalam sambutannya, “Hari ini merupakan hari yang bersejarah dan membanggakan bagi kalian, karena kalian yang akan mengibarkan bendera Merah Putih pada upacara bendera Kemerdekaa (17/8) di Taman Surya esok.

    Sebelum pengukuhan disematkannya Lencana Merah Putih Garuda kepada perwakilan anggota dan dililitkannya kain dipinggang, yang diikuti oleh semua anggota, peserta pengukuhan terlebih dahulu mengucapkan kata-kata pengantar pengukuhan “Aku mengaku, bertumpah darah satu, tanah Air Indonesia, dan Aku mengaku, Berbangsa satu, Bangsa Indonesia,”. Selanjutnya dengan iringan lagu Padamu Negeri satu persatu anggota Paskibraka sambil menarik nafas panjang mencium Bendera Merah Putih sebagai bentuk senantiasa setia dan berbakti kepada Bangsa dan Negara.

    “Anggota Paskibraka yang terdiri dari 3 pleton tersebut rencananya akan bergabung dengan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) yang berpusat di Pemerintahan Kota Surabaya,” ujar Dani, salah satu anggota Paskibraka dari SMA IPIEM Surabaya. (Danz)


Kembali
GAPURA FLIPPING BOOK >>>
AGENDA >>>
Calendar of Events
INFO MASYARAKAT >>>
WEB STATISTIK >>>
Untitled Document
Online : Untitled Document 4
Total Hits : Untitled Document 395672 Hits
Hari Ini : 325
Kemarin : 829
Bulan Ini : 42164
Tahun Ini : 575990
Total : 2182604