[ultimatemember form_id=89]
[ultimatemember form_id=90]

Pemkot Surabaya Layani Pemangkasan Pohon di Kampung

Gatra Dwi
  • Gatra Dwi
  • 25 April 2017 Gatra Dwi

Warga kini bisa meminta Pemkot Surabaya melakukan perantingan di kampungnya.

Kepala Bidang Sarana dan Prasanana DKRTH, Ipong Wisnu mengatakan program pemangkasan dahan pohon bukan hanya untuk wilayah jalan protokol saja. Warga yang membutuhkan pemangkasan pohon di kampung juga bisa mengajukan.

“Warga bisa mengusulkan. Sebab kalau di kampung kan mereka tidak punya alat seperti tangga atau juga sky lift seperti mobil yang kami punya,” ujarnya.

Biasanya warga mengandalkan gergaji atau memotong secara manual saat kerja bakti. Namun, jika kesulitan, warga juga bisa melakukan permohonan pemangkasan dengan mengajukan surat ke DKRTH.

“Cukup menulis surat yang ditandatangi oleh RT setempat. Maka, tim akan langsung melakukan penjadwalan dan turun langsung ke lokasi,” ujar Ipong.

Menurut Ipong, tim yang dimilik DKRTH cukup banyak. Mereka biasa berkeliling di lima wilayah mereka masing-masing. Yaitu di Surabaya Pusat, Surabaya Timur, Surabaya Utara, Surabaya Barat, dan Surabaya Barat.

Katanya, setiap wilayah dikerjakan oleh lima tim. Merekalah yang akan menjadwalkan perantingan jika ada pengajuan dari warga.

“Kalau saat ini terbilang cukup banyak yang melakukan pengajuan. Kebanyakan untuk melakukan pemngkasan pohon besar. Kadang orang tidak berani dan takut jatuh, kalau kita lebih mudah karena alatnya kan mendukung,” ujarnya.

Ia meminta ke warga untuk lebih proaktif. Jangan sampai menunggu bencana baru melakukan perantingan. Sebab dari tim yang ada pun sulit berkeliling ke seluruh penjuru Kota Surabaya untuk mendeteksi jalur hijau yang perlu dipangkas, sehingga butuh informasi dari masyarakat.

“Layanan pemangkasan dan perantingan ini gratis kok. Jadi jangan tunggu ada kejadian dulu baru minta perantingan ya,” pungkas Ipong

sumber : http://surabaya.tribunnews.com/2017/04/24/pemkot-layani-pemangkasan-pohon-di-kampung

Related Post