[ultimatemember form_id=89]
[ultimatemember form_id=90]

Serba-Serbi Bakso Hitam Ala Surabaya

domi wimpi
  • domi wimpi
  • 12 Agustus 2017 domi wimpi

Bentuk bakso hitam yang terletak di Jalan Pandegiling Surabaya / Foto: Nadia.

Sebagian besar kalangan masyarakat mulai dari anak kecil hingga orang dewasa menyukai makanan Bakso. Makanan yang berasal dari perpaduan seni kuliner Tiongoa-Indonesia ini memiliki berbagai macam bentuk dan cita rasa.

Seiring berjalannya waktu, Bakso di Indonesia semakin merajalela. Pelaku usaha mulai mengkreasikan bakso dengan sajian yang unik dan berbeda, salah satunya bakso hitam yang terletak di Jalan Pandegiling, Surabaya.

Berdasarkan penuturan Sigit Prihanto selaku pemilik bakso hitam, perbedaan bakso hitam dengan yang lain adalah pengolahan bakso hitam dibuat dari arang bamboo dengan zat karbon yang sudah melalui pemurnian, sehingga nyaman untuk dikonsumsi. Selain itu, bakso hitam mampu menetralisir racun dalam tubuh khususnya pencernaan.

Tak hanya membawa manfaat bagi kesehatan, tetapi bakso hitam juga memiliki 5 varian isi diantaranya, coklat, keju, pedas, original atau disingkat dengan‘chokjudes’. Varian isi coklat dibuat guna memberikan rasa manis yang menjadi pengganti campuran kecap saat makan bakso dan varian keju memberikan rasa asin digunakan pengganti campuran saos.

“Hal ini dicetuskan guna membangun pola hidup sehat,” terang Sigit saat ditemui di warungnya pada Selasa (8/8/2017).

Tidak hanya lima varian, lanjut Sigit, disini juga menyediakan bakso berbentuk frozen yang dijual dengan harga Rp 25.000 per bungkus. Sedangkan untuk harga satu porsi bakso hitam yang berisi coklat seharga Rp 10.000 dan jika ingin campuran rasa dikenakan harga Rp 20.000.

“Dan saat pembeli ingin membeli dalam bentuk frozen dalam satu bungkusnya bukan satu varian isi saja namun bisa dicampur dengan varian lainnya,” imbuhnya.

Lebih jauh, Sigit juga menjalin komunikasi dengan pihak pahlawan ekonomi untuk berkonsultasi. Tujuannya adalah meminta saran dan pengecekan, apakah bakso yang dibuatnya sudah layak dikonsumsi untuk masyarakat dan terpenting mampu menjadikan bakso hitam sebagai salah satu makanan favorit masyarakat Surabaya (N/R).

Related Post