[ultimatemember form_id=89]
[ultimatemember form_id=90]

Komunitas Local Guides Suroboyo Tembus Google Amerika Serikat

domi wimpi
  • domi wimpi
  • 22 Agustus 2017 domi wimpi

Local Guide Surabaya / Foto: https://itkey.media

Sebagian besar masyarakat Surabaya belum cukup mengenal lokasi atau tempat yang ingin dituju. Biasanya mereka menanyakan kepada tetangga, saudara, teman dan sahabat perihal lokasi yang ingin dituju, namun acapkali informasi yang diberikan kurang tepat.

Melihat hal tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Surabaya menggandeng komunitas bernama Local Guides Surabaya untuk membantu menemukan setiap lokasi yang ada di Surabaya. Rata-rata, komunitas ini dihuni anak muda yang hobby fotografi dan travelling ini.

Koordinator Local Guides Surabaya Badai mengatakan, awal terbentuknya berawal dari seorang teman kami yang mempunyai inisiatif tentang Local Guide, yaitu Fahmi Adimara yang kini menjabat sebagai moderator dari komunitas ini.

“Alasan dibalik menerima ajakan Google Map ini tak lain adalah ingin memberikan informasi ke banyak orang agar mengetahui suasana dan kondisi di berbagai tempat yang anggota ketahui bahkan ada yang menjadikannya motivasi untuk merubah diri menjadi seorang traveler”, jelas Badai saat ditemui di salah satu café di kawasan Surabaya Barat, Selasa (22/8/2017).

Komunitas yang terbentuk bulan Agustus 2016 dan diresmikan tanggal 21 Januari 2017 ini lanjut Badai, selain membantu warga Surabaya maupun wisatawan asing mencari lokasi yang ingin dituju, pihaknya juga ingin mengenalkan secara langsung berbagai macam wisata Kota Surabaya kepada wisatawan.

“Mulai dari wisata kuliner, seni dan budayanya, sehingga ke depan kami berharap jumlah wisatawan asing di Surabaya terus meningkat sekaligus meningkatkan pendapatan kota pahlawan,” ujarnya.

Sementara itu, untuk proses kerja ggole map, dalam mencari atau berbagi lokasi tergolong mudah. Menurut badai, penguna cukup mengklik tempat yang ingin ditujukan lalu mengisi kolom pertanyaan yang diajukan. Bahasa yang digunakan dalam pertanyaan pun disesuaikan dengan Negara dari pengguna.

“Berbagai lokasi bisa ditanyakan langsung menggunakan Google Map atau dengan cara bergabung melalui Direct Message di akun Instagram kami yakni komunitas @LocalGuidesSurabaya,” imbuh Badai.

Tidak hanya membantu dan melakukan kegiatan review di Google Map, komunitas ini memiliki jadwal rutin untuk berkumpul satu bulan sekali di tempat yang berbeda sesuai dengan tema yang ingin dibahas dalam forum.

Lebih jauh, komunitas ini sudah mendapatkan sebuah prestasi yaitu adanya 5 orang anggota yang telah diundang untuk datang ke Google di Amerika Serikat. Kelima anggota tersebut berasal dari provinsi Jawa Timur yaitu Ahadin Syarifudin F.A, Budiono, Nurul Rachma, Nunung Afuah dan Mutia Abdat (nt).

Related Post