[ultimatemember form_id=89]
[ultimatemember form_id=90]

Gulai Kacang Ijo, Makanan Khas Timur Tengah

domi wimpi
  • domi wimpi
  • 25 Agustus 2017 domi wimpi

Gulai Kacang Ijo dipadu dengan roti maryam dan lontong / Foto: Nadiya Trie K

Sebagian besar masyarakat Surabaya sudah mengenal masakan khas timur tengah bernama gulai. Pada umumnya, gulai disajikan ke dalam bentuk berbahan baku daging ayam, aneka ikan, kambing, sapi, jeroan, atau sayuran seperti nangka muda dan daun singkong, yang diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercitarasa gurih. Namun, di Surabaya ada gulai yang dicampur dengan kacang ijo dibalut lontong atau roti maryam.

Bertempat di Jalan KH. Mansur no 72 tepatnya dikawasan Ampel Surabaya, Latifa salah satu kerabat Agus yang juga bekerja di depot gulai kacang ijo menuturkan, Gulai kacang ijo yang diolah memiliki kesamaan dengan gulai kambing pada umumnya, namun yang membedakan hanya rempah-rempah yang dipakai untuk mengelolanya.

“Umumnya, gulai kacang ijo memakai bumbu rempah seperti kapulaga, jahe, pala, kunyit, kayu manis, lengkuas, dan merica. Selain juga bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, kemiri, cabai merah dan cabai rawit kemudian kacang ijo-nya direbus lalu dihaluskan,” kata Latifa saat ditemui di waroeng Cak Pan, Selasa (15/8/2017).

Resep yang digunakan gulai kacang ijo disini, lanjut Lutfia, berbeda dari yang lainnya. Sebab, resep yang digunakan turun temurun, mulai dari pemilik pertamanya H. Irfan Syahkur sampai sekarang dikelola oleh Agus Subandio sebagai anaknya yang sudah berjalan kurang lebih 60 tahun.

Selain cita rasa dan bentuknya yang menggoda, lanjut Lutfia, gulai kacang ijo juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena gulai kacang ijo mengandung gizi seperti kalsium, protein, zat besi, magnesium, karbohidrat, serat, vitamin C,B,A,B6 yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh.

“Kandungan dari gulai kacang ijo ini mampu mencegah berbagai jenis penyakit diantaranya mencegah anemia, kanker, obesitas, kanker usus, dan masih banyak yang lainnya,” imbuhnya.

Foto: Nadiya Trie K

Bagi penikmat yang ingin mencicipi gulai kacang ijo, silahkan datang ke Jalan KH. Mansur no 72 tepatnya dikawasan Ampel Surabaya pada pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. Satu porsi gulai kacang ijo dikenakan harga 20 ribu, namun jika ingin menikmati dengan roti mariyam akan dikenakan biaya tambahan sekitar 5 ribu.

Tidak hanya gulai kacang ijo, depot ini juga menyediakan beberapa menu lain yang tak kalah nikmat dengan masakan gulai kacang ijo seperti, krengsengan kambing, gulai kambing, kikil kambing dan sate kambing (ai).

Related Post